RSS

Kali Adem

Alamat : Kaliurang, Hargobinangun, PakemDeskripsi :

Obyek menarik yang kerap menjadi tujuan utama para pengunjung Kali Adem pasca meletusnya Gunung Merapi adalah bunker maut yang terletak di daerah Bebeng. Bunker maut seluas 6×8 meter ini masih diberi police line, menandakan bahwa daerah ini masih terlarangan untuk dimasuki orang umum. Menurut para pemandu dari Karang Taruna Kali Adem, hawa panas di dalam bunker belum sepenuhnya hilang. Selain itu, pemandangan yang dipenuhi dengan warna hitam, putih, coklat, dan abu-abu mungkin mengingatkan kita akan pemandangan dalam suatu film perang, di mana segalanya hancur dan terbakar.
Dedaunan dan pepohonan yang kering dan hangus merupakan salah satu bukti betapa panasnya material yang menghancurkan kawasan tersebut. Tak jarang pengunjung yang bergidik ngeri, membayangkan apa yang terjadi malam itu. Namun setelah lebih dari sebulan, rumput tampak telah mulai tumbuh kembali. Hijaunya rumput cukup memberi harapan di tengah rimbunnya pepohonan kering.
Cerita ajaib pun kerap terdengar dari penduduk sekitar yang berada di lokasi wisata Kali Adem. Bahkan ada larangan untuk masuk ke lokasi Kali Adem bagi mereka yang mengenakan baju merah, kuning atau oranye. Dipercaya, warna-warna cerah tersebut bisa memancing keluarnya lahar, yang bakal mengejar warna tersebut. Lalu bagaimana dengan tim SAR yang berseragam oranye? Tapi itu merupakan kepercayaan tradisional yang seharusnya kita hargai, dengan tidak menentangnya. Daerah wisata yang kemudian dikenal dengan wisata lava ini memang akan dibuka untuk 3 bulan, paling tidak sebelum musim hujan mulai. Karena turunnya hujan bisa saja membawa dampak lain bagi kawasan ini. Pengunjung yang akan masuk ke kawasan wisata Kali Adem dikenai tarif yang cukup ‘lumayan’.
Sekali masuk, setiap orang diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000,- ditambah parkir yang disesuaikan dengan kendaraannya (berkisar antara Rp 3.000,- sampai Rp 5.000,-). Sebuah masker akan diberikan untuk mengurangi debu yang pasti terhirup.
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: