RSS

PANTAI PANDANSARI

Alamat : Gadingsari Sanden Bantul

Deskripsi :

Pantai Pandansari merupakan salah satu Pantai di Bantul, yang berderet mulai dari Samas – Pandansari – Kuwaru – Pandansimo. pantai ini juga dikenal dengan nama pantai patehan. pantai ini terletak 17 km ke arah selatan dari kota Bantul. Pantai Pandansari masih agak sepi, nelayan tidak terlihat di pantai ini.

Perjalanan untuk menuju ke Pantai Pandansari ini dari kota Yogyakarta atau jogja sangatlah mudah, yaitu dengan menelusuri saja Jalan K.H. Wachid Hasyim ini menuju ke selatan, lurus terus ke arah Bantul, tepatnya ke arah Pantai Samas.

Sebelum memasuki areal Pantai Samas, akan ada papan petunjuk ke arah bumi perkemahan pramuka kwartir cabang Bantul. Ikuti jalan menuju buper ini tapi jangan masuk ke bupernya. Ikuti terus jalan yang ada hingga akhirnya kita akan mencapai Pantai Pandansari.

Waktu tempuh dari Jogja sekitar 30 menit jika ngebut sampai 1 jam jika bersantai-santai. Cukup mudah dan cepat, bukan?

Keunikan dari pantai ini adalah selain mercusuar yang menjulang tinggi ini, pantainya masih bisa dibilang cukup perawan. Belum banyak wisatawan yang berkunjung ke sini karena pantai ini kalah pamor dengan Pantai Samas di sebelah timur atau pun Pantai Pandansimo di sebelah baratnya. Belum lagi akses ke pantai ini kurang memadai, yaitu jalan untuk menuju ke pantai ini masih rusak.

Ciri khusus pantai ini adalah seperti di pantai bagian barat lainnya adalah sedikitnya karang, tingginya ombak, dan pasirnya yang berwarna hitam keabu-abuan. Jangan berharap untuk bersantai di pasir atau berenang di laut bila akan berkunjung ke pantai ini.

 Pasirnya yang keabu-abuan dengan ombak yang ganas membuat Pantai Pandansari kurang indah bila dibandingkan dengan pantai lain. Namun pantai yang juga berfungsi sebagai pelabuhan bagi kapal nelayan ini memiliki mercu suar setinggi kurang lebih 25 meter. Mercu suar ini dibangun sebagai penunjuk arah bagi kapal-kapal yang akan berlabuh. Selain itu, bangunan ini rupanya juga dibuka bagi pengunjung yang ingin melihat luasnya laut dari puncak mercu suar.

Hingga kini, mercu suar dengan 7 lantai tersebut masih aktif digunakan dan dengan hanya Rp. 1000,- anda bisa merasakan keindahan pantai pandansari dari atas mercusuar. Tangganya yang berputar mengikuti bentuk bangunan memang sedikit memberikan tantangan bagi para pengunjung. Namun pengalaman bersantai di puncak mercu suar merupakan pengalaman yang sebanding dengan pengorbanan mendaki tangga putar tersebut.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: