RSS

Pantai Parangtritis

Alamat : 25 Km Selatan Yogyakarta,Desa Parangtritis, Kretek, Bantul

Deskripsi :  Satu Kawasan wisata alam yang sekaligus juga merupakan Kawasan wisata budaya dan ziarah, Parangteritis telah memperlengkapi diri dengan penginapan – penginapan dan rumah – rumah makan, serta berbagai fasilitas rekreasi seperti kolam pemandian, bumi perkemahan dan lain sebagainya.

 

Obyek wisata yang dapat dikunjungi di Kawasan ini antara lain : Parang Wedang : Suatu sumber mata air panas bermineral yang tidak pernah kering sepanjang tahun, yang sering digunakan pula untuk menyembuhkan penyakit kulit.

 Parang Kusuma : Tempat ini dianggap sebagi tempat yang paling sakral dari seluruh kompleks Kawasan Parangteritis, dimana menurut kepercayaan Jawa, merupakan tempat pertemuan antara Raja – raja yang memerintah kerajaan Yogyakarta dengan kanjeng Ratu Kidul.

Pertemuan ini terjadi pada sebuah batuan yang merupakan sisa kegiatanvulkanis dimasa silam (post volcanic) yang merupakan suatu batuan intrusi di tengah hamparan pasir Pantai, dengan nama watu gilang dan fasilitas yang ada seperti penginapan, Masjid, Rumah makan dan Toilet

Dataran tinggi Gambirowati : Dataran tinggi Gambirowati merupakan salah satu tempat yang memiliki pemandangan indah ke kompleks Pantai Parangteritis dan ke laut lepas di sekitarnya. Tempat ini dapat dicapai dengan menyusur jalan dari Parangteritis ke arah Panggang dan Goa Langse, yang merupakan jalan menanjak ke perbukitan. Bukit Gupit yang ada di jalan ini, sering dipergunakan sebagai tempat start/meloncat para pecinta olahraga layang gantung (gantole).

Goa Langse : Merupakan goa pertapaan yang berwujud suatu lorong di bawah batu karang, yang mulutnya menghadap kearah laut lepas.

Goa ini dapat dicapai dengan menuruni batu karang yang terjal, dan berbatuan melalui tangga dari tali atau bambu, untuk itu diperlukan suatu keberanian yang prima dan ketrampilan khusus.

Pada saat air laut pasang, mulut goa ini tertutup oleh air laut, sehingga untuk masuk atau keluar dari goa, hanya dapat dilakukan pada saat air laut surut. Makam Syeh Bela – Belu : Terdapat di bukit Pemancingan, yang dianggap sebagai makam yang keramat.

Makam ini banyak dikunjungi oleh para peziarah, utamanya pada hari Jum�at dan Selasa Kliwon.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: