RSS

Puro Pakualaman

Tempat Wisata di Jogja / YogyakartaTempat Wisata di Jogja / Yogyakarta
Puro Pakualaman adalah Istana Kadipaten yang terletak di sebelah timur Kraton Yogyakarta. Selain Kraton Yogyakarta, Puro Pakualaman juga dijadikan sebagai tempat tinggal Sri Paduka Pakualaman. Bangunan ini didirikan pada tahun 1813, semasa Gubernur Letnan Jenderal Inggris dijabat oleh Raffles. Filosofi utama dari puro adalah filosofi “Sastro Gending”. Secara harafiah ’Sastro’ berarti pengetahuan dan ‘Gending’ berarti irama gamelan.

Koleksi museum terdiri dari benda-benda bersejarah berupa peralatan perang, upacar, alat masak, kereta-kereta yang pernah digunakan oleh penguasa Puro Pakualaman. Tak ketinggalan naskah-naskah kuno yang ditata dalam tiga ruang pameran tetap.

Benda unik lainnya ialah replika patung Pakualaman V yang sedang mengetik. Patung tersebut merupakan hadiah dari pihak Belanda saat itu. Ada pula lukisan sajak dari seorang pujangga kerajaan yang menuliskan sejarah keturunan manusia sejak Nabi Adam. Berbagai macam kereta yang pernah dijadikan alat transportasi zaman kerajaan dahulu juga terawat dengan baik.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: